Minggu, 23 Januari 2011

PDGK 4207 MODUL 1

MODUL 1
KEGIATAN BELAJAR 1
“HAKEKAT SENI”

• Seni berasal dari kata “sani” dalam bahasa sansekerta artinya pemujaan,pelayanan,donasi,permintaan atau pecarian dengan hormat dan jujur tapi ada juga yg mengatakan bahwa seni berasal dari bahasa belanda :”genie”/jenius.
• Dalam bahasa lain seni disebut “ cilpa “ (berwarna)/pewarna,kemudian berkembang menjadi cilpasastra:”segala macam kekriyaan yg artistic.
• Dalam perkembangan selanjutnya pengertian seni :
 Seni sebagai karya seni
 Seni sebgai kemahiran
 Seni sebagai kegiatan manusia.
• Pengertian seni sbg BENDA/KARYA SENI:seni atau keindahan adalah sesuatu yg menghasilkan kesenangan,tetapi berbeda dengan sekedar rasa gembira karena mempunyai unsure transcendental/spiritual.(pendapat joganatha)
Missal : lukisan dinding gua
• Pemahaman seni sebagai KEMAHIRAN : seni merupakan sebuah kemampuan dalam membuat sesuatu dalam hubungannya dg upaya mencapai suatu tujuan yg ditentukan oleh rasio/logika.gagasan tertentu.(pendapat ariestoteles)
Missal : idris sardi violis Indonesia yg terkenal karena kemahirannya.
• Pengertian semi sbg KEGIATAB MANUSIA : seni merupakan krgiatan sadar manusia dengan perantaraan tanda2 lahiriah tertentu untuk menyampaikan perasaan2 yang telah dihayatinya kepada orang lain shg mereka kejangkitan perasaan yang sama dan juga mengalaminya.
Missal:didi nini towok seorang penari yang membawakan karyanya yg kocak dan baru.
• Seni adalah ekspresi jiwa manusia yg tertuang dalam berbagai bentuk karya seni.
• Seni secara teori dapat dibagi menjadi 2:
1. seni terapan : penciptaan seni yang dirancang untuk kepentingan tertentu di luar fungsi sebenarnya.
2. seni murni : penciptaan seni yang hanya mempertimbangkan fungsi atau bentuknya.
• Kesenian dalam ari sempit oleh kalangan dianggap seni ansich(ada seni rupa,teater,tari.musik)
• Kesenian secara universal dipahami dan dimaknai secara refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi.
• Menurut soedarsono sejarah lahirnya seni secara umum sudah tua usianya namun gambaran orang terhadapnya biasanya tidak jelas dan sering kali terlampau sempit.
• Menurut ki hajar dewantara seni yaitu segala perbuatan manusia yg timbul dari hidup perasaanya yang bersifat indah shg dapat mengerakkan jiwa perasaan manusia.
• Menurut akhdiat K.miharja : seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksi realitas dalam suatu karya yang berkat bentukdan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya.

KEGIATAN BELAJAR 2
“FUNGSI DAN KEDUDUKAN SENI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT”

• Soedarsono mengemukakan bahwa fungsi utama pertunjukkan ada 3 :
1. kepentingan upacara / ritual
o fungsi seni untuk pemujaan berlangsung pada masa ketika peradapan manusia masih sangat terbelakang.
o Missal : tari barong
2. Tuntunan
o Fungsi tuntutan lebih menyentuh pada misi yang secara verbal diungkapkan.
o Contoh :pada pewayangan,.
3. Tontonan / hiburan
o Fungsi seni sebagai tontonan atau hiburan tidak banyak membutuhkan persyaratan.
o Contoh : tari serampang 12 dari Sumatra barat.

“FUNGSI SENI DALAM MASYARAKAT MODERN”
• Ekspresi / aktualisasi diri
 Merupakan perwujudan dari semboyan sani untuk seni.
 Kebebasan disini lebih menekankan pada pencapaian tujuan tertentu yag diperjuangkan.
 Contoh ; seni instalasi,happening art dst.
• Pendidikan
 Merupaka elemen mendasar yang perlu dipahami.hal ini karena esensi seni sebenarnya tidak dapat lepas dari muatan edukatif.
• Industri
 Lebih mengarah pada tujuan atau kepentingan tertentu untuk mendukung sati produk tertentu.
 Seni untuk industri adalah sesuatu yang mampu memberi daya tarik oada produk yang ditawarkan.
 Misalkan : sbuah lagu di buat untuk kepentingan iklan produk susu.
• Seni terapi
 Digunakan secara khusus untuk memberi ketenangan batin seseorang yang sedang menderita secara psikis.
• Komersial/instant
 Sbg alat untuk mendatangkan keuntungan.ini bisa dibuat menurut keperluan dan keinginan si penanggap.




KEGIATAN BELAJAR 3
“JENIS-JENIS SENI”

• Seni dapat dibedakan menjadi 3 kelompok :
 Seni pertunjukkan :dapat dikatakan seni sesaat artinya hasil seni disajikan dan dihayati oleh penonton pada saat bersamaan dan akan selesai stelah pertunjukkan berakhir.
 Seni rupa ; merupakan seni yg awet Karena hasil karya seni rupa dapat disajikan dihadapan penonton dan di hayati sepanjang masa.
• Pada saat ini seni yang dianut di neger ini adalah “seni rupa dg gramatikal barat” dikatakan demikian karena materi,tehnik dan mahzab yang dianutnya adalah mahzab barat yang naturlis-perspektif-momenopname(NPM): “ gambar yang diambil hanya dari satu arah,satu tempat,satu waktu,seperti memotret sebuah objek pada satu titik waktu,dibekukan/dihentikan shg mejadi still picture dalam sebuah bingkai.
• Tabrani mengatakan bahwa seni lukis yang dimiliki bangsa Indonesia lebih hidup karena memiliki unsure waktu selain unsure ruang dan datar.
• Dalam system RWD bidang datar bermakna tiga:panjang-lebar-waktu
• Secara garis besar seni rupa memiliki 3 cabang yakni:
 Seni lukis,seni patung,seni kriya(sni murni0
 Seni terapan meliputi semua desain.
 Gambar termasuk seni lukis
• JENIS DAN RUANG LINGKUP SENI:
 Apresiasi : upaya untuk pengenalan terhadap objek seni kepada masyarakat luas.
 Apresiasi secara pasif : dilakukan ketika seseorang menyaksikan pertunjukkan atau melihatt pameran tanpa ada tindakan untuk mengkritik atau menilai pertunjukkan maupun pameran yang dilihat.
 Apresiasi secara aktif : melibatkan agresian dalam kegiatan tertentu.
Missal : seorang ikut menari.
 Secara garis besar wawasan seni berhubungan dengan 3 hal :
1. seni dengan alam
 mengisyaratkan manusia untuk selalu ingat pada alam sebagai sumber penciptaan seni.
2. seni dengan ekspresi
 seni dan ekspresi tidak dapat dipisahkan .ke2 nya saling mendukung.
 Seni di dalamnya adalah ekspresi sebaliknya dalam membicrakan ekspresi tidak akan lepas dari cabang seni tertentu.
3. seni dengan lingkungan
 memberi pesan kepada anak untuk selalu dekat dengan lingkungan sekitarnya.
 4 jenis seni :
a. TARI:
1. Tari tunggal :koreografi yang di buat atau dirancang untuk di bawakan oleh seorang penari.dipentaskan lebih dari 1 orang penari.
Contoh : tari golek,ponggawa,..
2. Tari pasangan ( beksan ) :tarian berpasangan dalam bentuk tari ini bisa memiliki tema bermacam-macam.
Contoh : tari srikandi mustokoweni
3. Tari kelompok :ini dirancang secara khusus memang untk dibawakan oleh lebih dari 2 orang penari.
Contoh : tari kelompok bedaya.
b. Seni drama
1. pengertian dramaturgi
 dramaturgi : ajaran tentang masalah,hokum dan konversi drama.
 Kata DRAMA berasal dari kata yunani draomai yang berarti berbuat,berlaku,bertindak,dsby.
 Drama berarti perbuatan atau tindakan.
 Formula dramaturi menganut 4 prinsip M:
• Mengkhayalkan:untuk pertama kali manusia atau pengarang mengkhayalkan kisah yg bersumber dari inspirasi.
• Menuliskan : pengarang menyusun kisah yg sama dg ide yg sama ke dalam tulisan.
• Memainkan : pelaku memainkan kisah yg sama untuk ketiga kalinya.
• Menyaksikan : penonton menyaksikan kisah di atas panggung.
• SEJARAH TEATER INDONESIA
o Sebelum abad 20 tak ada naskah dan pentas
o Permulaan abad 20 karena pengaruh drama barat,tidak menggunakan naskah namun pentas panggungnya berbingkai.
o Pada masa pujangga baru muncul naskah drama asli yg digunakan pleh pementasan amatir.
o Pada msa jepang sensor sendenbu sangat keras sekali karena mengharuskan penampilan drama menggunakan naskah.
o Perkembangan masa kini yg terjadi rombongan professional membuang kembali naskah
o Organisasi amatir tetap setia dg naskah hanya saying sering mengubahkan pengarang,penyadur atau penyalinnya.
• ISTILAH DRAMA
 Teater
• Sebagian orang mengartikan sbg gedung pertunjukkan ada pula yg mengartikan sbg panggung.
• Secara etimologi ; gedung pertunjukkan.
• Dalam arti luas : segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak ( wayang orang,ketoprak,ludruk,lenong )
• Dalam arti sempit : kisah hidup atau kehidupan manusia yg diceritakan di atas pentas dan di saksikan oleh orang banyak.
 Drama/sandiwara/toneel
• Istilah sandiwara diketemukam oleh KGPA Mangunegoro VII sbg pengganti istilah toneel yg dipakai orang belanda.
• Secara khusus drama adalah kualitas komunikasi ,situasi,dan acting.
 MUSIK
• Apresiasi musik dpt di definisikan : sbg dicapainya kemampuan untuk mendengarkan musik dg penuh pengertian.
• Unsure seni musik :
1. composer (pabrikan )
2. pemain (para pekerja )
3. pendengar (consumer )
• Unsur mekanis :
 Medium : segala musik dipergelarkan melalui unsure mekanik atau unsure fisik
 Publikasi : langkah penting dalam seluruh kegiatan produksi musik

1 komentar: